Pesan untuk Mahasiswa Baru

credit foto: surya.co.id

Orientasi mahasiswa baru Program Studi di Luar Domisili Polinema Rintisan Akademi Komunitas Negeri Bojonegoro telah dimulai. Orientasi mahasiswa baru atau yang lebih dikenal dengan istilah ordik dimulai dengan apel dan penyematan mahasiswa baru di Politeknik Negeri Malang, Minggu (19/8/2018). Setelah itu, dilanjut dengan outbond dan acara terus berlanjut sampai sepekan.

Pekan ordik dilaksanakan dalam serangkaian acara. Yang pertama, acara di Malang.

Acara kedua ordik kedisiplinan di Kodim Bojonegoro yang dilanjutkan dengan ordik bintal dan pengenalan kampus di Wisata Kebun Blimbing, Ngringinrejo, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro. Yang terakhir ordik kewirausahaan di kampus utama, yaitu SMKN 1 Bojonegoro.

Salah satu agenda acara dalam ordik bintal dan pengenalan kampus adalah orasi ilmiah. Orasi ilmiah disampaikan Doni Bayu Setiawan pada pukul 20.00–21.30.

Doni adalah anggota DPRD Bojonegoro sekaligus Ketua Karang Taruna Kabupaten Bojonegoro. Aktivis di GMNI itu mengisi dengan orasi yang membangkitkan semangat mahasiswa baru dalam menyongsong status baru sebagai mahasiswa.

”Mari kita putus rantai kemiskinan, kesenjangan, dan keterbelakangan dengan pendidikan,” katanya.

Pengalamannya di bidang politik dan sosial ditularkan kepada mahasiswa. Ia menginginkan mahasiswa menjadi sosok yang membanggakan karena merekalah generasi penentu bangsa.

“Aktif di organisasi dan rajin belajar merupakan tugas utama mahasiswa. Oleh sebab itu, jadilah mahasiswa yang berperan dalam memajukan bangsa. Jangan menjadi mahaiswa yang menjadi momok dan beban bangsa,” lanjut Doni dengan nada tinggi.

Mahasiswa meyambut dengan riuh tepuk tangan. Mereka berseru, “Hidup mahasiswa!”

Muh Amri Mukhtarifin
Instruktur Studi di Luar Domisili Polinema
Rintisan Akademi Komunitas Negeri Bojonegoro
aammuhammad47@gmail.com

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Seperti Ini Pesan untuk Mahasiswa Baru, http://surabaya.tribunnews.com/2018/09/07/seperti-ini-pesan-untuk-mahasiswa-baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *