RATUSAN SISWA SMK BERKOMPETISI DALAM LKS OTOMOTIF 2018 R-AKN BOJONEGORO

Bojonegoro, Kegiatan tahunan Lomba Kompetensi Siswa R-AKN Bojonegoro tahun ini digelar dengan wajah baru, kegiatan yang dulu diberi nama dengan Skill Competition (SC) saat ini berubah menjadi Lomba Kompetensi Siswa (LKS). Bukan hanya nama yang baru,tapi semangat dan bidang Lomba juga diperbarui oleh panitia penyelenggara, yang dulunya hanya bidang Lomba Teknik Kendaraan Ringan (TKR), pada tahun ini ditambah Satu bidang lagi, yaitu Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM). Selain itu yang istimewa pada LKS OTO 18 adalah bagi juara akan didelegasikan untuk mewakili Bojonegoro dalam ajang LKS Jawa Timur.

LKS OTO 18 diikuti oleh ratusan peserta dari SMK yang tersebar di seluruh Wilayah Bojonegoro. Banyaknya peserta yang mengikuti LKS OTO 18 menunjukkan antusias sekolah dan kepercayaan sekolah kepada R-AKN Bojonegoro sebagai penyelenggara Lomba. Seperti tahun-tahun sebelumnya, LKS OTO 18 dilaksanakan dalam 2 babak,yaitu babak penyisian (teori) dan babak final (praktik). Dalam babak penyisian yang dilaksanakan pada Hari sabtu (1/9) seluruh peserta bertanding secara teori mengerjakan 75 soal dari 200 soal yang sudah diupload dalam laman Lomba sebelum pelaksaan, peserta mengerjakan dengan sangat fair menggunakan sistem CBT, Hal ini dipilih panitia untuk mengurangi segala Jenis kecurangan yang dilakukan oleh peserta. Dari ratusan peserta yang sudah terdaftar dipilih 16 peserta dari bidang Lomba TKRO dan 12 peserta dari bidang Lomba TBSM dengan nilai yang tertinggi untuk melanjutkan ke babak final (praktik).

Minggu (2/9) peserta yang lolos pada babak penyisihan melaksanakan kompetisi pada bidang masing-masing. Bidang TKRO melaksanakan kompetesi dalam 4 pos yaitu, trouble shooting EFI, trouble shooting kelistrikan, Pengukuran n presentasi. Masing-masing pos diberi waktu selama 30 menit dalam menyelesaikan pekerjaannya. Bidang TBSM peserta juga bertanding dalam 4 pos yang meliputi Tune up motor bebek,Tune up motor matic, Pengukuran Dan presentasi. Pada bidang TBSM, siswa tiap pos harus diselesaikan dalam waktu 15 menit, Hal ini mengacu pada standarisasi Lomba yang diadakan oleh AHASS. Setelah proses yang panjang dan menegangkan akhirnya diperoleh juara tiap bidang Lomba. Bidang Lomba TKRO juara 1 diraih oleh David Arya Subqi dari SMK Negeri 2 Bojonegoro, Juara 2 diraih oleh Azis Adi Rahayu dari SMK Negeri Purwosari, dan juara 3 diraih oleh Alfa Reza dari SMK Negeri Dander. Sedangkan utk bidang Lomba TBSM juara 1 diraih oleh Dennis Harmit Dwi S dari SMK Negeri 3 Bojonegoro, juara 2 diaraih oleh Arif Pradita dari SMK Negeri Dander, dan juara 3 diraih oleh Sukevin Kusuma dari SMK Taruna Balen.

LKS OTO 18 R-AKN Bojonegoro berjalan dengan lancar dari pembukaan sampai penutupan, Hal ini tidak lepas dari kerja keras panitia dalam merancang perlombaan dan semua pihak yang sudah mensupport kegiatan,diantaranya UMC Suzuki Bojonegoro, Daihutsu Bojonegoro, AHASS dan air mineral Cleo. Tak lupa kepercayaan SMK diseluruh Wilayah Bojonegoro yang telah mengikuti acara juga sangat membantu dalam kesuksesan LKS TO 18. Semoga dari tahun ke tahun R-AKN Bojonegoro terus melakukan perbaikan dalam pelaksanaan Lomba Kompetensi guna terciptanya persaingan sehat siswa SMK dalam bidang otomotif dan tentunya untuk Bojonegoro di ajang yang lebih jauh baik skala nasional maupun internasional. (AAM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *