Dosen Teknik Otomotif R-AKN Ikuti Retooling Dosen Vokasi Kemristekdkti bidang ACU (Autodesk Certified User) plus Exam Preparation

Dalam rangka pelaksanaan Program Revitalisasi Pendidikan Tinggi Vokasi, untuk mewujudkan pendidikan tinggi  vokasi yang link and match dengan kebutuhan dunia usaha dan industri. Ditjen Kelembagaan, Iptek, dan Pendidikan Tinggi akan menyelenggarakan Program Beasiswa Retooling Kompetensi Vokasi Dosen Pendidikan Tinggi Vokasi  Tahun 2018, untuk membantu peningkatan kualitas dan kapabilitas dosen sebagai salah satu elemen penting dalam pengembangan lembaga perguruan tinggi. Program ini merupakan kegiatan pelatihan non gelar melalui kerjasama antara Direktorat Pengembangan Kelembagaan Perguruan Tinggi, Ditjen Kelembagaan, Iptek, dan Pendidikan Tinggi dengan Perguruan Tinggi dan partner industrinya sebagai penyelenggara pelatihan. Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Dalam rangka pengembangan program pendidikan vokasi Ditjen
Kelembagaan, Iptek dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset,
Teknologi, dan Pendidikan Tinggi ikut serta mengupayakan
relevansi pendidikan vokasi untuk terus dapat mengikuti
perkembangan industri di tanah air. Di tengah gencarnya pembangunan infrastruktur dan pertumbuhan ekonomi yang dilaksanakan Pemerintah, maka jumlah kebutuhan sumberdaya manusia yang terampil juga meningkat. Untuk menjawab tantangan tersebut, beberapa strategi yang dilaksanakan diantaranya dengan melakukan revitalisasi pendidikan tinggi vokasi. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan pendidikan tinggi vokasi yang link and match dengan kebutuhan industri, melalui kerjasama antara perguruan tinggi dengan dunia usaha dan industri yang merupakan syarat dari suksesnya pendidikan tinggi vokasi. Upaya penyesuaian kurikulum di politeknik terpilih dan penyediaan guru produktif merupakan beberapa langkah yang ditempuh dalam penguatan pendidikan tinggi vokasi oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Untuk menghadapi persaingan global, Pemerintah perlu menyiapkan dosen dan lulusan pendidikan tinggi vokasi Indonesia untuk mempunyai sertifikat kompetensi disamping ijasah. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mencantumkan dua hal yang sangat penting, yaitu, (1) dosen berkewajiban meningkatkan dan mengembangkan kompetensinya secara terus menerus; dan (2) mereka berhak memperoleh kesempatan untuk meningkatkan kompetensi, mendapatkan akses ke sumber belajar, informasi, sarana dan prasarana pembelajaran, serta penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Bahkan Profesor dan Doktor bukan akhir untuk terus belajar, harus tetap melaksanakan penyegaran kembali (retooling) untuk meningkatkan profesionalismenya bagi perkembangan teknologi masa depan.

Program Beasiswa Retooling Kompetensi Vokasi Dosen Pendidikan Tinggi Vokasi adalah suatu program peningkatan kapasitas dan kapabilitas dosen perguruan tinggi vokasi yang merupakan salah satu implementasi dari program revitalisasi pendidikan tinggi vokasi pada Ditjen Kelembagaan, Iptek, dan Pendidikan Tinggi, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Program ini merupakan kombinasi antara pelatihan kompetensi bersertifikasi dan magang di lembaga pendidikan atau mitra industri yang sesuai dengan kompetensi yang diikuti. Pengalaman yang diperoleh di mitra industri selama pelatihan diharapkan nantinya dapat memacu perguruan tinggi vokasi untuk mendorong pengembangan pendidikan vokasi hingga ke tingkat magister dan doktor terapan. Hal ini juga
merupakan salah satu wujud implementasi dari amanat yang tercantum pada Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.

Pada bidang ACU (Autodesk Certified User) plus Exam Preparation yang diselenggarakan di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) Surabaya peserta diharapkan menguasai: (1)mendesain mobil listrik mulai dari piston, chasis hingga body (2) mendesain instalasi dan komponen listrik, dan (3) mendesain komponen peralatan keras mobil dimulai dari simulasi hingga CAM.

menggunakan software ACU Fusion 360, bahwa learning outcomes untuk dosen adalah mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi di dalam bidang terapan. Dengan demikian Program Beasiswa Retooling Kompetensi Vokasi Dosen Pendidikan Tinggi Vokasi ini diharapkan dapat memberi kontribusi bagi peningkatan kapasitas dosen yang bersangkutan, meningkatkan akreditasi institusi, serta akhirnya akan meningkatkan kemampuan lulusan perguruan tinggi untuk mampu bersaing secara global. (*ALF).

Sumber: retoolingvokasi.ristekdikti.go.id